Sulit untuk memikirkan perusahaan sukses yang tidak memanfaatkan teknologi dalam beberapa kapasitas. Anda membutuhkan kekuatan bisnis digital jika Anda ingin meningkatkan efisiensi, memberikan barang dan jasa yang lebih baik, melacak penjualan dan aset, dan memasarkan dengan sukses. Karena itu, mari kita telusuri lebih lanjut tentang bisnis digital.
Table of Contents
Apa itu Bisnis Digital?
Setiap perangkat atau sistem elektronik yang digunakan dalam bisnis dikenal sebagai bisnis teknologi digital. Komputer, sistem internet, printer, perangkat seluler, dan program perangkat lunak yang membantu dalam pengorganisasian dan prioritas tugas adalah beberapa sumber daya teknologi yang digunakan oleh karyawan. Bisnis digital juga dapat membantu dalam pembagian pekerjaan dengan menetapkan tujuan yang berbeda bagi setiap orang untuk menyederhanakan aktivitas yang lebih sulit. Bisnis digital dapat digunakan oleh para manajer untuk menemukan rekrutmen baru, mengatur kemitraan dengan perusahaan lain, atau menganalisis kesehatan keuangan organisasi.
Bagaimana Perusahaan Memanfaatkan Teknologi Digital?
Ada beberapa cara bisnis memanfaatkan teknologi, termasuk:
Penggajian
Bisnis menggunakan teknologi untuk mentransfer pembayaran kepada karyawan dan kontraktor selama setiap periode pembayaran dengan menggunakan sistem komputer, perangkat lunak khusus, dan prosedur penggajian terjadwal. Beberapa prosedur ini sepenuhnya otomatis.
Perekrutan
Perusahaan dapat mengunjungi papan lowongan kerja di internet untuk menemukan bakat dari seluruh dunia. Manajer dapat mengakses perangkat lunak yang menghasilkan selebaran, deskripsi pekerjaan, dan alat penjadwalan melalui jaringan dan sistem komputer.
Manajemen inventaris
Perusahaan dapat merancang spreadsheet yang kompleks untuk melacak dan menemukan inventaris menggunakan teknologi penyimpanan data. Aplikasi komputer ini mungkin memiliki sistem klasifikasi aktif yang memperingatkan anggota staf ketika inventaris tertentu ada di gudang atau sedang bergerak.
Distribusi tugas
Manajer dapat memberikan tugas kepada staf menggunakan platform perangkat lunak offline dan online. Melalui situs web yang dipersonalisasi, mereka bisa menugaskan pekerjaan secara virtual, dan mereka bisa berkomunikasi tentang sasaran dalam ruang obrolan online.
Komunikasi
Bisnis dapat mendiskusikan rencana dan inisiatif dengan karyawan, bahkan mereka yang berada di tempat yang jauh, berkat perangkat lunak komunikasi. Beberapa sistem juga menawarkan solusi optimalisasi untuk perusahaan yang memiliki karyawan yang sepenuhnya berada di tempat terpencil.
Penyimpanan data
Perusahaan dapat menyimpan dokumen, laporan keuangan, dan informasi perusahaan lainnya dalam database yang aman yang dapat diakses oleh anggota staf secara praktis di mana saja berkat sistem penyimpanan data. Sistem penyimpanan data dapat membantu manajer di perusahaan produksi dengan pelacakan pesanan, manajemen stok, dan manajemen produksi umum. Sedangkan untuk kartu digital, dapat menyimpan informasi data tentang perusahaan dan pemegangnya.
Perlindungan
Dengan memblokir pengguna dan input yang tidak sah, perangkat lunak keamanan membantu menjaga keamanan barang elektronik. Selain itu, dapat membantu anggota staf dalam mematuhi peraturan keselamatan organisasi. Untuk kartu bisnis digital, ini adalah hal yang sangat penting yang karenanya mereka sangat aman dalam hal keamanan.
Keuntungan Menggunakan Bisnis Digital
Ketika sebuah perusahaan menggunakan teknologi di tempat kerja, hal ini memiliki sejumlah manfaat, termasuk:
Berbagai Strategi Pemasaran
Teknologi memungkinkan perusahaan untuk menggunakan berbagai platform dan media untuk menjual produk mereka. Perusahaan dapat beriklan dengan memanfaatkan teknologi seperti komputer, printer, telepon, dan layanan email untuk membawa strategi pemasaran ke internet, media cetak, dan bisnis lainnya. Karyawan dapat menjual dengan cara tambahan menggunakan internet dan komputer, seperti melalui media sosial, forum, dan blog.
Teknik Komunikasi yang Ditingkatkan
Di mana pun mereka berada, karyawan dapat berkomunikasi dengan lebih cepat dan mudah berkat teknologi. Pemberi kerja dapat berkolaborasi dengan karyawan di mana pun mereka berada berkat alat bantu seperti layanan telepon dan ruang obrolan online yang memungkinkan para pekerja mengelola banyak pekerjaan dari rumah. Metode komunikasi instan seperti komputer dan internet juga membantu mempercepat tingkat komunikasi dengan memungkinkan pekerja mengirim informasi secara praktis secara instan dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.
Bantuan Uang Cepat
Bisnis dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah dengan layanan keuangan berkat teknologi seperti komputer dan perangkat lunak otomatis. Karyawan dapat mengakses penggajian secara elektronik tanpa mengunjungi bank berkat teknologi. Karyawan dapat melakukan penyetoran langsung ke rekening mereka dan mendapatkan bayaran secara cepat dengan cara yang sepenuhnya otomatis.
Keamanan yang Lebih Baik
Teknologi memungkinkan untuk mengamankan uang dan informasi perusahaan terhadap virus online dan ancaman keamanan siber. Perusahaan dapat mengelola langkah-langkah keamanannya sendiri secara lebih dekat berkat teknologi keamanan, menginvestasikan sebanyak atau sesedikit apa pun yang mereka anggap cocok dalam strategi perlindungan. Ketika cacat sistem ditemukan oleh perangkat lunak keamanan, perangkat lunak ini segera bereaksi untuk mengamankan ancaman dan memberi tahu semua pekerja terkait.
Baca Juga: Peran Kartu Nama Digital Terhadap Personality Brand
5 Strategi Bisnis di Era Digital Yang Paling Efektif
Bersaing di era digital ini semakin sengit setiap harinya. Berbagai industri bisnis mulai untuk terjun bahkan beralih ke dunia digital dan menunjukan presence mereka secara online. Sebagai upaya untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing.
Fenomena ini didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih dan menghasilkan berbagai tools yang dapat mempercepat kinerja para pelaku bisnis secara mudah dan praktis.
Oleh karena itu membentuk strategi bisnis yang tepat dan efektif perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan bisnis di era digital ini. Berikut adalah 5 strategi efektif dalam berbisnis di era digital :
Memanfaatkan Digital Marketing
Berbicara tentang bisnis era digital tentu strategi pemasaran yang paling penting adalah digital marketing.
Sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif, digital marketing dapat membantu bisnis menjangkau target pasar yang lebih luas, mempromosikan produk atau layanan secara online, dan menargetkan pengguna digital yang banyak. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika digital marketing menjadi hal yang sangat umum dilakukan oleh banyak bisnis di era digital ini.
Berikut adalah cara memanfaatkan digital marketing untuk bisnis di era digital :
Gunakan Sosial Media
Social media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memiliki pengguna dari seluruh dunia dengan latar belakang dan preferensi yang beragam yang bisa menjadi target audiens mu.
Karena itu, social media menjadi platform yang sangat efektif untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audience yang berbeda-beda dan memperluas jangkauan bisnis di era digital ini.
Selain menjadi platform efektif dalam melakukan promosi, sosial media juga menjadi platform yang tepat untuk berinteraksi serta meningkatkan engagement dengan target audiens untuk memperkuat hubungan antara bisnis dan audiens.
Mobile Friendly Website
Memiliki website yang informatif dan menarik mengenai bisnis Anda sudah menjadi hal yang mutlak di era digital ini. Namun, dengan semakin banyaknya pengguna yang memilih untuk menggunakan handphone mereka sebagai media utama untuk browsing, maka penting bagi bisnis untuk memastikan bahwa website mereka juga dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile.
Salah satu digital marketing agency terkemuka di Bali dan Indonesia SATUVISION, menunjukan hasil data dari 90 hari belakang, yang menunjukan 45% dari pengguna traffic mereka mengakses website secara mobile atau melalui smartphone mereka.
Dengan mengoptimalkan website mereka secara mobile mereka berhasil mendapatkan total traffic sebanyak 3.800. Pastikan website Anda bisa diakses melalui perangkat mobile agar tidak kehilangan potensi audience yang signifikan !
Beriklan Secara Digital
Platform iklan digital seperti Google atau Facebook memiliki algoritma canggih untuk menjangkau target audiens yang lebih tepat dengan memprediksi potensial audiens bagi iklan yang ditayangkan.
Algoritma tersebut didasarkan pada data yang dikumpulkan oleh Facebook mengenai pengguna, seperti demografi, minat, perilaku, dan interaksi dengan konten lain di platform dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu, lokasi, dan preferensi pengguna untuk menampilkan iklan kepada orang yang paling mungkin tertarik pada produk atau layanan yang dipromosikan. Maka dari itu beriklan secara digital membantu bisnis untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan mereka.
Mencermati dan Ikuti Trend
Dalam era digital yang sangat cepat, penting bagi bisnis untuk selalu mengikuti tren yang sedang berlangsung di kalangan target audiens mereka. Dengan cara ini, bisnis dapat menyesuaikan produk atau layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan target dan tetap relevan di industri, sehingga dapat bersaing dengan kompetitor mereka.
Hal ini tentu akan membantu meningkatkan citra merek sebagai bisnis yang inovatif dan tidak ketinggalan zaman untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Manfaatkan Tools
Waktu dan tingkat produktivitas adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Terutama dalam era digital yang serba cepat ini. Memanfaatkan tools tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dapat dilakukan dengan lebih efisien dan cepat.
Dengan memanfaatkan tools yang ada, pelaku bisnis dapat berfokus pada hal yang bersifat strategis dan memberikan kontribusi besar kedepannya. Seperti meningkatkan kualitas dan kecepatan dalam pengambilan keputusan atau menciptakan strategi yang lebih baik.
Berbagai Jenis Bisnis Teknologi Digital
Teknologi bisnis hadir dalam berbagai variasi, termasuk:
Jaringan Komputer
Sistem komputer adalah alat teknologi yang sangat praktis yang mendukung hampir semua komponen lain dari sistem bisnis kontemporer. Sistem komputer menyediakan alat bantu perangkat lunak bagi staf sehingga mereka dapat membuat presentasi, menganalisis data, dan menulis surat dan email. Karyawan dapat menyelesaikan tugas saat dalam perjalanan berkat komputer portabel. Dengan bantuan perangkat lunak yang menyediakan sistem pemantauan, kamera, alat kerja, dan program komunikasi, karyawan dapat bekerja dari rumah dengan bantuan komputer. Bahkan jika mereka membaginya dengan pekerja lain, mayoritas orang di kantor modern menggunakan komputer.
Peralatan Produktivitas
Karyawan dapat menyelesaikan tugas-tugas dan mempertahankan konsentrasi pada pekerjaan mereka dengan bantuan perangkat lunak dan solusi produktivitas. Dengan menggunakan alat perangkat lunak ini, anggota staf dapat mengedit dokumen, menulis kode, mengatur spreadsheet, dan menyelesaikan formulir instruksi. Beberapa aplikasi produktivitas membantu pekerja dengan penjadwalan tugas dengan memberi tahu kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat sejenak.
Perangkat Untuk Jaringan dan Printer
Sebagian besar waktu, komputer beroperasi dalam jaringan dan terhubung ke internet untuk melakukan tugasnya. Untuk menerima instruksi dari komputer tentang apa yang harus dicetak, printer juga terhubung ke Wi-Fi. Jaringan memungkinkan karyawan dalam bisnis untuk berbagi catatan, email, tautan internet, dan teks serta kertas dan informasi lainnya. Beberapa komputer dapat berbagi printer atau perangkat penyimpanan berkat jaringan. Komputer di kantor mungkin satu-satunya yang memiliki akses ke jaringan. Jika jaringan memiliki jangkauan yang lebih panjang, mungkin mencakup seluruh divisi atau mungkin seluruh fasilitas perusahaan.
Sistem Telepon dan Surat
Karyawan dapat berinteraksi satu sama lain mengenai tugas dan proyek sehari-hari menggunakan metode telepon dan surat. Sementara institusi yang lebih kontemporer mungkin menyediakan para pemimpin dengan smartphone yang dikelola perusahaan, bisnis sering menggunakan telepon in-line yang hanya berfungsi di lokasi perusahaan. Petugas otomatis biasanya ada di semua sistem telepon perusahaan dan membantu penelepon dalam terhubung dengan staf yang diinginkan. Untuk saat-saat ketika karyawan tidak ada di kantor, sistem telepon perusahaan juga dapat menawarkan alternatif pesan suara yang dipersonalisasi. Seperti sistem telepon bisnis, sistem email hanya beroperasi di dalam organisasi dan terkadang hanya pada perangkat lunak berpemilik.
Sistem Untuk Akuntansi Keuangan
Karyawan dibantu oleh perangkat lunak akuntansi keuangan dalam mengelola dan melacak penggajian untuk seluruh bisnis. Perangkat lunak akuntansi membantu dalam memantau pendapatan, melacak aliran uang masuk dan keluar dari bisnis, dan bahkan memperkirakan tingkat modal di masa depan. Sistem akuntansi keuangan dapat digunakan oleh akuntan untuk menggagalkan penipuan dan menjamin bahwa setiap orang dibayar sesuai jadwal.
Sistem Untuk Mengelola Hubungan Pelanggan
Perangkat lunak yang melacak interaksi pelanggan dengan bisnis disebut sistem manajemen hubungan pelanggan. Sistem manajemen hubungan pelanggan mengumpulkan data tentang klien sejak mereka menjadi prospek potensial dan menambahkannya ke profil mereka. Ketika pelanggan melakukan pemesanan melalui telepon, sistem manajemen hubungan pelanggan memberi tahu staf tentang produk yang perlu dikirim serta lokasi pengiriman pilihan pelanggan.
Efektivitas Kartu Pintar dalam Bisnis Digital
Di tahun-tahun mendatang, sektor pintar dipastikan akan mengalami berbagai kemajuan dan terobosan baru. Teknologi kartu pintar selalu menemukan jalannya ke dalam kasus penggunaan baru, mulai dari menyediakan manajemen akses cerdas hingga memfasilitasi komunikasi seluler yang mulus. Penggunaannya tumbuh seiring dengan permintaan untuk aplikasi yang menggunakan data sensitif, kata sandi, dan dokumen agar aman. Melalui enkripsi, banyak jenis kartu pintar, termasuk tanpa kontak, berbasis kontak, hibrida, dan antarmuka ganda, memberikan peningkatan keamanan dan keandalan.
Kemunculan kartu pintar menyederhanakan kehidupan masyarakat karena lebih dapat diandalkan, cepat, dan efisien dalam lingkungan komersial. Kartu pintar dapat menyimpan identitas seseorang dan menjaganya tetap aman dan terlindungi.
Kesimpulan
Kartu pintar praktis hadir secara luas, dan tidak dapat disangkal bahwa bisnis digital tidak akan hilang. Namun, masih ada masalah signifikan yang mencegah penggunaannya secara luas dalam aplikasi tertentu. Beberapa di antaranya termasuk kekhawatiran tentang keamanan dan privasi, khususnya sehubungan dengan meningkatnya serangan siber.
Salah satu perusahaan teratas yang memproduksi teknologi kartu digital adalah GOTAP. Mereka secara konsisten menawarkan kepada konsumen kartu pintar berkualitas tinggi dan keamanan tinggi.